6 Mar 2010

PENGANGGURAN PALING SOMBONG DI DUNIA

Jobfair UGM hari ini yang dipadati ribuan jobseeker ato bahasa melasnya “pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi”. Yup, setidaknya aku yang sebagai salah satu dari “pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi” ini mencari peruntungan di UGM yang dihadiri oleh perusahaan kelas kakap. Tercetus suatu ayat buatanku bagi para jobseeker, yaitu bahwa “Barang siapa yang ga datang di event ini, niscaya dia adalah orang yang paling ga beruntung di dunia”.


Tapi aku punya statement yaitu aku adalah pengangguran paling sombong di dunia. Bahasa inggrisnya(sok!! Yang mau ke pare..SOK!!) “the most jobless arrogant in the world” dan bahasa jawanya adalah “Pengangguran paling nggaya ning donyo iki”.
Kenapa? Check this out.

Job fair tadi bener2 seperti antrian gas elpigi 3 kilo ato minyak tanah di pangkalan. Ngantri untuk masuknya dan desak2an. Parfum AXE, Cassablanca, AXL, Nyong2, sebutlah yang bermerk bener2 ga berguna. Jarak antrian ke kiri, kanan, atas dan bawah Cuma 2 cm. Gerak saja susah. Aku berada ditengah2 manusia2 “pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi”. Jadinya kringat langsung ‘nyrocos’ dan cuaca panas seperti babi yang sedang dipanggang. Saat itu pikiran untuk cari kerja sempat hilang. Yang kupikirkan saat itu adalah “I Must SUrvice” alias aku harus bertahan hidup di zaman Jurrasic ini.
*Some Text Missing*

Akhirnya aku bisa masuk juga dengan sentuhan AC yang memanjakan rambut dan tubuhku layaknya iklan sampo. Alhamdulillah.

Perusahaan besar menanti, sebut saja Pertamina, Bank BNI, Mandiri, BRI, Chevron, Schlumberger, PLN pokoknya yang memanjakan “pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi” ini. Tapi sampe dalam. LHo..kok minatku cari kerja kurang greget. Tapi setidaknya aku sudah masukin lamaran ke perusahaan yang aku minat. Bank Mandiri dan BRI, Migas pun terasa ga minat. Meskipun alasan sebenarnya karna waktu mepet buat aku ikut tes pertamina siangnya. Tapi aku ga merasa rugi bila ga nglamar ke sana. Jadinya kemungkinan job fair buat besok aku ga hadir. Intinya para “pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi” gembor2nya memasukan lamaran ke semua perusahaan yang memungkinkan dilamar, aku Cuma beberapa yang kupikir menarik. Ga usah banyak2 coz takutnya panggilan ke sana-kemari yang bakal merepotkan nantinya.

Terus, kenapa lu disebut pengangguran paling sombong di dunia.???
Ya itu tadi. Peluang kerja di Perusahaan besar nan mantap didepan mata aku tolak. Cuma segelintir yang aku masukin. Itu pun perusahaan yang ga tanggung2 levelnya yaitu Pertamina, Chevron, Schlumberger dan yang lainnya aku lupa, dengan kemungkinan diterima alangkah kecil karna dengan level yang tinggi begitu tentu pesaingnya pun ga macam2.

Yang kedua. Selama ini aku Cuma apply lewat OL ato mail itupun aku ngikut Panji “si Gigolo”. Jadinya kalo dikasih tau ada lowongan aku masukin. Tapi tetep aja ga semua yang panji lamar aku juga nglamar.
Belum selesai. Udah dipanggil tes pun aku ga hadir. Aku catat ada 2. Pertama aku ditelpon perusahaan yang mbak operator ga jls ngomongnya tau2 disuruh ke Surabaya aku tolak. Kedua juga aku tolak yang padahal tesnya di Jogja, itu karna perusahaannya adalah perusahaan obat cacing. AKu ga minat (entah kenapa aku nglamar kemarin2). Ada lagi tes dijogja tapi aku ga datang karna perusahaannya adalah perusahaan sabun colek. Pokoknya peluang kerja aku sia2in begitu aja. Jadinya yo seperti inilah aku. Pengangguran paling sombong di dunia tapi tetep berharap dapet kerja(yang berlevel). Hiks.

Wah..gue percaya sekarang..Tapi harusnya lu contoh perjuangan temenmu Panji si gigolo yang selalu stand by mencari lowongan kerja. Walopun sampe sekarang dia masih jobless tapi suatu saat keringatnya pasti akan terbayarkan.

Ya iya sih..aku akui, Panji ‘si gigolo’ adalah jobseeker sejati. Pria tulen dengan semangat juang tinggi. Aku belum bisa seperti dia. Masih enak2an dan belum termotivasi nyari kerja. Tapi setidaknya kali ini…Mulai sekarang aku hanya akan melamar di perusahaan yang aku bener2 minat dan akan berjuang sekuat mungkin di seleksi masuknya..SEMANGAT!!!

Wuuueee…beri applause yang renyah!!!!

Intinya. Sekarang aku sedang mencoba untuk lebih serius mencari kerja. Tapi tetap! impianku adalah sekolah di luar negeri. Habis itu kerja….Wuee!! mantep kan.
Setiap orang punya ambisi dan target masing2 and that’s my plan. Itulah alasanku harus menguasai bahas inggris yang masih mimpi buat bisa…Hueeee!!.

So buat PAnji si gigolo, Cherish dan temannya yang masih menunggu sesuatu yang belum pasti jadi ke pare gak..Mohon bantuanya di pare nya..mudah2an kalian ga nyusain aku..Kalo nyusain kalian kudeportasi ke alam masing2(padahal 75 % aku yang bakal nyusain mereka...kikikikiki).

Itulah sedikit cerita tentang pengangguran paling sombong di dunia.
Yang pasti Dari job fair tadi aku banyak belajar dan bersikap. Dan aku hanya akan melamar di perusahaan yang aku minat dan akan mulai serius…Mudah2an ” pengangguran yang berambisi dapet kerja dengan modal lamaran dan pakean rapi “ itu dapat kerja semua yang mereka inginkan dan yang terpaksa juga gapapa, yang penting dapat kerja kan..FUuuuH>>

Us, Jadi gigolo mau ga?
gajinya besar dan cuma modal 'Quickie Expreess!!!' doang..gimana??
~DENGKULMU MLOCOT~!!!

NB 1 : Ces, bantu aku supaya bisa bahasa inggris lho…kalo ga, aku pulangin ke imogiri.

NB 2 : Nasib buruk dialami para pendatang jobseeker seperi yoppi dan lia yang harus mengakhiri jobfair hari ini dengan nihil..Kasian. Kalian harus belajar dari panji. Tadi Panji tu sampe kehujanan di cuaca panas..(????) dengan kata lain hujan keringat..AKu megang badannya ‘Pliket kabeh’..Tapi joss dia tu...Patut dicontoh.

*pliket = mbleyek = ndledek = berlendir.

0 komentar:

Posting Komentar