4 Jan 2010

MEMBONGKAR STATUS FACEBOOKERS PART 1

Facebook??Yup,.facebook sudah tidak asing lagi ditelinga kita,.Semua khalayak pasti mengetahui facebook,.Dari anak kecil, sepupuku yang masih SMP dan tinggal di sebuah desa kecil Magelang pun pengguna facebook, ABG, orang dewasa, bahkan simbah2 pun tau tentang facebook..

Ok,.tak perlu panjang tangan, maksutku panjang lebar,.Disini aku melakukan penelitian tentang status di facebook yang dibuat oleh orang2,.Aku termasuk orang yang jarang update status,.AKu malah lebih suka membaca status orang2 yang lucu, dalem, menarik, tapi ada yang menyebalkan dan lebay,.
Kadang mbikin emosi,.

So, inilah penelitan sok tau ku tentang status facebook yang aku teliti sendiri, aku analisa sendiri dan aku maki sendiri,.

STATUS-FACEBOOK
## Berita dan kejadian umum
Biasanya orang2 akan menulis status yang berkaitan dari kejadian umum seperti berita. Dan biasanya tertulis saat berita itu masih hangat. Isinya pun ada yang review berita, ngasih info berita, dan yang paling banyak adalah komentar tentang berita,.Tak jarang ada yang maki2 gara2 berita,.Mengenai komentar,.jenis status ini cukup mendulang banyak komentar soalnya berita yang nasional, semua orang tau dan ingin respon.
Contoh :
-Berita tentang wafatnya Gus Dur
Status :
“.,.Ayo pada sholat gaib untuk mendoakan arwah mbah Dur”
(Komentar bijak tapi kurang ajar : Aku titip salam aja)

“SBY menghimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang,.kalo perlu seperempat tiang”
(Komentar bego : kalo ga pake tiang??)
(Balesan dari komentar bego : Pake dengkulmu aja)

##Event dan peristiwa
Mirip dengan status tentang berita di atas,.Biasanya status berisi tentang peristiwa ato event yang terjadi,.Yang paling sering adalah peringatan2 yang ada di tanggalan,.Ada yang sedih, ada yang inspirasi tapi ada yang lebay dan mbikin gedeg kalo aku baca,.Komentar tentang ini ga begitu banyak,soalnya saingan status tentang event banyak dan kadang mirip2,.Jadi komentarnya pun terbagi,.jadi status event yang banyak komentarnya berarti dialah status terbaik.
Contoh :
- Tahun Baru 2010
Status :
“Happy new year 2010,.Semoga bisa jadi lebih baik” (Standar)
“Tahun 2010 adalah tahun kebangkitan buat aku mencapai cita2” (Inspirasi)
“Aku melewati 1 tahun ini dengan hampa dan sedih” (Mesakne nemen)
“Aku menyambut tahun baru dengan sumringah”(Lebay)

##Emosi
Facebook akan terasa lebih pedas bila ada status tentang emosi orang2 yaitu emosi tentang hal yang menimpanya ato emosi karna sesuatu yang diliat,.Tapi kadang aku malah ngakak baca status tentang emosi. Komentar tentang status emosi ini mungkin cukup banyak tapi interval waktunya pendek,.Tergantung yang online saat itu.
Contoh :
-Mati Lampu
Status :
“Mati lampu=mati gaya/ngowah ngowoh/bengong/mati kutu/plonga plongo/ngalamun/ngemut driji”
(Komentar senasib : pancen,.bikin emosi kalo mati lampu,.rasanya rambutku pengen tak gundul)

-Sakit
Status :
“Aku kebelet ngising,.mencret,.Aih,.aih”
(Komentar banci : Aih,.jorok banget sih kamu,.ember)

-Bete
“Duh, mw kluar rumah kok malah hujan,.Tiba2 banjir dan got mampet,Genjik”
(Komentar nyukurin : Yo ga usah keluar rumah,.kalo got mampet ya disedot aja mang,seerr)

##Aktivitas
Mungkin status yang tepat adalah status tentang aktivitas yang sedang dilakukan,.Kategori status ini tergolong status normal dan paling sedikit komentarnya soalnya merasa bukan urusan kita(pembaca).
Status :
“Siap,.siap mau kekampus” (Komentar umum: Trus ngopo??)
“Bilang mau jemput pacar dulu”
(Komentar umum : Yo kono,.yangmu dewe to??)
(Komentar jomblo : Karepmu nyuk)

##Senandung
Biasanya,.eh ralat,.Pasti ada yang statusnya berisi potongan lagu yang mungkin OST nya pada waktu itu,.Rata2 lirik lagunya adalah tentang cinta,.tapi ada juga lirik lagu yang konyol juga,.Dan rata2 pula lirik lagu yang diambil adalah yang lagi nge-hits. Kalo lirik lagu tentang cinta dan patah hati komentarnya seputar dukungan dan ngalem2,.(ngalem2 ki artinya mirip kayak empati).
Status :
“Kuingin kau tau isi hatiku, kaulah yang terakhir dalam hidupku, tak ada yang lain karena kamu tak pernah ada,.takkan pernah ada (Geisha- Takkan pernah ada)”

“Belah duren..Enak bang silahkan dibelah(Kok usah aku tulis penyanyinya Pasti udah tau lagunya siapa)”.

##Cinta
Yup,.Status yang bikin facebook terasa lebih manis adalah pejalanan cerita tentang cinta,.(Jatuh cinta, jatuh terjerembab(sukurin) dan patah hati),.Status tentang cinta ini sangat banyak mendulang komentar dari orang2,.Soalnya topik yang menarik, mengena, senasib dan kadang empati mbacanya,.mesakne,.serta kadang ngrasa pengen ngasih duit.
Status :
-Cinta Lebay
“Kok aku udah kangen,.padahal baru ditinggal 1 jam”
(Komentar jomblo : Wedus, lebay banget ni orang,.marai mangkel)

-Patah Hati
“Oh,.kenapa ini terjadi padaku,.apa salahku sampe kamu jadi seperti itu “
(Komentar emosian : Lebay banget sih,..Pengen ngerti,.Soalnya lu kurang sodaqoh,.Marai mangkel)

-Jatuh Cinta
“Aih aku deg-deg an rasanya,.”
(Komentarnya dokter : Mau mati kayaknya lu)

-Cinta Gila
"Kalo nanti aku mati,.kamu harus bertanggung jawab karena aku mati karenamu"
(Komentarnya Kapolsek : Yaiyalah,.orang kamu mati ditabrak stom,.Marai emosi wae statusmu)

##Inspirasi
Status yang cukup digemari adalah status yang berisi kata2 mutiara dan inspirasi,.Kdang pembaca dibuat jadi lebih semangat,.Tapi kadang dia Cuma ngambil dari kata2 penyair ato orang2 terkenal,.Padahal aku lebih suka kalo kata2 itu berasal dari inspirasinya sendiri,.Dan komentar tentang ini cukup banyak.
Status :
“Jangan menyerah hanya karena sandungan kecil,.terus bangkit dan raih tujuanmu”
(Komentar idealis : Siap!! aku jadi tambah semangat)
(Komentar apatis : Percuma,.aku sudah terpuruk)
(Komentar emosian dari Batak :betul kalo itu sandungan kecil, nah kalo sandungannya macam batu kali,.Rumah sakit kau).

Nah masih banyak jenis2 status yang ada di facebook..Cuman yang jenis2 di atas sudah mewakili semuanya dan lumayan mendulang komentar,.Jika anda ingin status anda banyak komentarnya,.Tulislah status sesuai jenis status di atas,.Hehe.

Masih banyak hal2 yang akan aku ungkap tentang facebook terutama tentang status facebook,.Soalnya menurutku menarik tapi nyebelin.Piye yo njelasinnya,.Lucu dan kadang ketawa mbacanya tapi nyebelin juga,.Duh susah amat njelasinnya,.Jadi bagus sih isinya tapi bikin gedeg kadang2,.Duh semakin susah njelasinnya,.AAAH,.malah emosi sendiri aku,.sak karepmu lah,.

NB :
Part 2 tentang status facebook berisi tentang persamaan status dari orang2 berdasarkan waktu.,Bingung kan,.so tunggu tanggal mainnya di XXI ato di 21 ato 22 ato 23 ato 69(wah mulai ngeres,..)

0 komentar:

Posting Komentar