2 Jul 2010

MEMBONGKAR STATUS FACEBOOKERS PART 3 : PIALA DUNIA 2010

Akhirnya aku dapat ide juga menulis tentang Piala Dunia 2010. Sedikit info bahwa Piala dunia digelar dari tanggal 11 Juni – 11 Juli 2010 di Afrika Selatan yang sekarang masuk ke babak perempatan final. Aku punya 3 jagoan yang mewakili tiap benua (banyak ya) yaitu Argentina, Belanda dan Jepang (sudah kandas).

Nah pesta sepakbola 4 tahunan ini tentu membuat manusia, hewan dan lelembut untuk mengikutinya. Bahkan aku sendiri rajin nongkrong di kafe (ceile…mainnya ke kafe sekarang)..Yah lumayan lah walopun dikafe Cuma pesen es the ato mentok2nya yang kerenan dikit yaitu Hot chocolate ato Moccacino (harganya ga lebih dari 10 ribu).

Nah AKu yang hobi meneliti (terakhir meneliti tentang bahasa manja yang booming) melakukan survey tentang piala dunia. Yaitu tentang facebook berkaitan dengan video Ariel..Bukan itu (kalo video mah udah aku teliti dan sepbagai pakar IT aku dan yoppi pun menyimpulkan kalo videonya asli). Tapi berkaitan dengan piala dunia.

Waooow kereen juga objek penelitianmu…Sundul Gan..!!

Selama Piala Dunia berlangsung aku yang sebagai pengangguran kelas kakap (pengangguran tapi sok sibuk yang melebihi pegawai negeri) berhasil melakukan survey dan terkumpul beberapa data.
Nah langsung saja berikut fenomena tentang piala dunia yang berkaitan dengan piala dunia.

## APLIKASI DAN GAME
Nah tak halnya para server/pembuat aplikasi ikut memeriahkan piala dunia melalui game dan aplikasi. Untuk aplikasi biasanya berupa kuis siapa yang jadi juara piala dunia, ato pemain favoritmu, ato ada lagi siapa top score piala dunia dan yang paling menghebohkan adalah kuis tentang 5 temenmu cowok yang berpotensi menjadi gay (astaga!!).

Nah untuk aplikasi masih mending kalo memuat hal2 tentang piala dunia..La kalo game agak dipaksain dan menjurus ke marai emosi. Terakhir aku main game paling favorit di kalangan teman2ku yang bahkan melebihi poker dan mafia wars yaitu NINJA SAGA : ECLIPSE…Bukan bukan..NINJA SAGA doang. Ninja saga itu game tentang bagaimana menjadi ninja sejati dengan jurus yang memukau tiap elemennya dan dilengkapi senjata yang keren.

Lah ternyata si server memasukkan hal2 tentang piala dunia..Salah satunya adalah kostum..Naudubilah..Udah bagus2 kostum ninja eh jadi kostum bola(GUBRAAAAK) mana celananya pendek kali dan harganya mahal buat beli kostum timnas unggulan..

Trus ada bonus senjata yaitu kartu kuning dan merah…Ya ALLah..suasana ninja nya jadi ilang…Mana bentuknya kotak gede dan marai emosi..
Napa ga sekalian senjatanya peluit ato bendera offside.

Kemungkinan untuk game2 yang lain akan mengalami fenomena serupa yang ga pada tempatnya sebenarnya tapi dipaksain.

## PROFILE PICTURE
Nah piala dunia bergulir picture profil berganti..Tentu para account FB punya tim jagoan sendiri2. Nah banyak dari mereka menunjukkan dengan mengganti foto profil dengan timnas jagoannya. Kayak bendera Italia ato kostum bola dengan nomor diikuti namanya. Ato foto2 yang menunjukkan “ini lho jagoku di piala dunia” seperti fotonya pake baju bola, celana bola ato cawet bola (lama2 emosi sendiri gue).

Nah berhubung sekarang sudah perempat final tentu banyak negara2 yang kandas. Tak halnya timnas jagoannya. Kalo timnasnya menang alangkah bangga menggunakan profil foto FB timnas jagoannya.

Tapi kalo kalah…Foto profilnya diganti seperti semula…
Hahahaha..Cuma bisa ketawa dan maklum…Kekekekekeke..

##STATUS WAR
Gak heran kalo di status pada berkoar2 membela timnas jagoannya dan mengejek timnas lainnya terutama yang dijago teman2nya. Jam2 status macam itu diupdate adalah menjelang pertandingan piala dunia, pas main dan beberapa saat pas usai pertandingan Bahkan ada yang tiap peluang di pertandingan update status, kaya :

“Wah Lampard kereen “
(Komentarku : Hmm..bagus juga)

5 menit kemudian
“Wah membentur mistar”
(Komentarku : 5 menit lagi update status kepalamu tak benturin ke mistar)

10 menit kemudian
“Wah, Inggris kok payah gini. Dibantai jerman”
(Komentarku : Sekali lagi update status dalam interval 10 menit, lu yang bakal gua bantai)

Karena timnas kalah..Baru usai pertandingan update status.
“Sayang sekali inggris kalah…pulang dengan tertuduk”
(komentarku : CIAN)

Kadang bikin emosi kalo update status tiap menit..terutama kalo tiap goal di update..Kalo timnasnya menang update status dengan kebanggaan..Kalo kalah ga diupdate dengan alasan “AH, aku ketiduran” Ato “ Ah aku gak lagi online”.

Selanjutnya perang status. Satu orang update status
“Ayoo Italia”
Komentar sirik 1 : “Ah mending jerman..Italia payah.”
Komentar sirik 2 :” Italia itu jelek,,pemainnya tua2” (padahal yang komen usia nya 40 tahun).
Balesan komentar : “Apa tu jerman..menang badannya doang..mending italia menang teknik.”
Komentar sirik 1 : “Oh..ngajak ribut ni...ayo kelahi” (Siap parang)
Balesan komentar : “Ayooo... “(Siap palu)

Ya seperti itu..jading perang komentar di status orang ato status yang isinya ngajak perang..Bahkan ada yang menghina dengan mengirim wallpost ato menyindir lewat status...Pokoknya yang ngajak ribut gitu deh..(Tapi kalo timnas jagoannya yang ngejekin kalah Cuma bisa diem dan gak online facebook selama 3 hari takut diejekin)..

Tapi ada yang fairplay saat timnas jagoannya kalah dan memuji tim lawan (Itu namanya sportif)
Semua Cuma bisa aku maklumin.

##PINDAH ALIRAN
Banyak para pemusik yang merubah aliran dari dangdut ke pop..Rock menjadi jazz..Ato metal menjadi keroncong..Tak halnya tim jagoannya yang bisa berubah dengan cepat.

Aku yang sebagai pengangguran mengikuti facebook trus jadi tau ada fenomena seperti itu..
Singkat saja,..
Mula2 foto profil diganti dengan sesuatu yang berhubungan dengan timnas jagoannya (misalnya Italia)..Trus update status yang membangga-banggakan timnas favoritnya bahkan sesekali nyindir timnas jagoannya temennya..
Sering pertandingan piala dunia berjalan..
Tiba2 timnas jagoannya kalah...(foto profl ganti,,status jadi melow dan Ga tau apa yang dilakukannya lagi).

Eh tiba2 besoknya pas ada pertandingan bola..Dia nulis status “Ayoo Jerman..” yang seolah2 dia bener2 jagoin Jerman… LHO???
Bisa ganti secepat itu setelah timnasnya kalah...Ato mungkin emang dia jagoin 2 tim..Kalo iya kenapa pas jerman main sebelumnya ga ditulis status kaya diatas..Yah banyak kemungkinan sih..


Yup itulah warna warni piala dunia dari sisi facebook..
Banyak suka duka di dalamnya..Tapi tetep semua mah hanya permainan..Hanya bagaimana meikmati pesta sepak bola 4 tahunan..Lagi demam2nya..hehe..Habis piala dunia usai mungkin balik seperti semula..

Mengenai dukung mendukung..Berharap kalo ga Argentina atau Belanda lah yang juara…Kalopun bukan dua2nya juga ga papa..Namanya juga sepak bola..
Aku tetep fairplay dan ga menghina timnas manapun...kekekeke..

So…lets enjoy World Cup 2010…

NB : Beberapa menit sebelum posting ini..Ternyata Belanda masuk semifinal usai menundukkan Brazil 2-1..Alhamdulillah..kekekeekeke..Ga rugi pake baju oranye pas nonton bareng tadi..

0 komentar:

Posting Komentar