15 Jun 2009

KOK KAMU BISA PINTER SIH US, MAKAN APA?

Prolog :

Salah seorang cewek cantik brtanya padaku (sblmya mau tak jelain,.sbnernya kata ‘us’ di atas itu diganti kata ‘sayang’, tp krn trlalu vulgar jadi pake kata ganti),.Judul di atas itu mewakili prtanyaan org2 khususnya tmn2ku,.Sejak SMA sampe skrg mengejar skripsi sering kali aku ditanya sprti ini,.”Knp km kok pinter sih?”,”Kok nilaimu bagus trs terus sih?”,”Kok km bisa pinter bgt sih fisikanya?”,” Kok km tampan sih?”,.Prtnyaan keempat bs lgsung aku jawab yaitu “Karena aku emang keren”(narsis,.ga tau diri,.tp taucho),.Tp tiga pertnyaan sblmnya dan beberapa pertnyaan sjenisnya ak masih blm bs mmberi jwaban yg memuaskan bg para penanya bhkan smpe skrg krn ak ga mrasa bner2 pinter,.Jd ak mo crita ttg masa kecilku sampe skrg yg berhub dgn pertanyaan di atas,.Smoga dgn crita ini aku hrap kalian bersimpati dan menyumbang uang dermawan seiklasnya min 100rb krn aku anak miskin yg sudah 1 tahun ga makan,..ga makan Pizza,.Huahahah,.Maksutku diharapkan kalian bs mencari jawaban sndiri atas perntanyaan2 td,.Ok coy,.

Sblm baca critaku dibawah prlu dpersiapkan bberapa hal,.: mohon duduk yg baik,.aplg smbil ditemenin pacar, tngan kanan megang pop corn tangan kiri megang paha cewek,.astaga,.tlong tangan kiri harap dijaga.,Eits,.bg cewek/banci jgn lupa siapkan tissue kalo nanti terharu ato ingusan.,Persiapan OK! Proyektor OK! Kamera OK! MULAI ,.Krek,.krek,.krek..3,.2,.1.

Story:
Eheem,.ni salah satu crita ttg masa kecilku,.
Meski lahir di Jogja tp aku bsar di Solo,.Solo berarti kenal Lia??gak,.kenal Topik??apalagi,.Dewi Sandra??Itu guru TK ku dulu,.Setidaknya aku TK di Solo,.Ak ngaku, wktu TK ak mirip Shinchan,.bodi n sfatnya yg nakal tp cengeng,.Yah,.jdnya nlaiku wktu TK jelek,.,.Nah masih di Solo,.ak msuk SD klas 1,.aku diospek,.disuruh push up gr2 meludahi kakak senior(tolol!,.kalo ak yg jd senior bakal tak suruh jalan smbil kayang),.Ehem,.ttg nilai plajaran,.tentu saja nilaiku jelek,.Smua pljaran ga da yg masuk,.so ga ta ambil pusing,.sudahlah ala kadarnya nilainya,.Jdnya stelah knaikan kelas dr kelas 1 ke kelas 2 aku dideportasi ke Jogja krn nialiku parah,.(alsan sbnry krn emang mau pindahan).

Th 1994,.aku memulai khdupan sbnrnya di Jogja,.Kota yg msih asing bagiku,.Kelas 2 SD,.Ok,.nilaiku masih jelek,.entah knp otakku ge membesar2,.ato otakku ada dipantat saat itu,.Padahal ak brgaul dgn tman2 akrab yg relatif pandai2(Sumpah aku ga bo’ong,.skrg tmn SD-ku kuliah di Universitas berkelas smua),.Tp gue,.waktu itu knp ga ketularan pinter,.pdhal kelompok pelajaran maupun les bareng anak2 pinter,.main sama anak2 pintar,.mandi sama Ibu(maksimal sampe umur 5 th),.Guru2 ku jg jd ‘gedeg’ sm aku,.sring kali aku dimarai gr2 ga bs ngerjain soal,.tp ak ga marah kok sama guru2ku,.paling dlm hati blang ‘brengsek’ doang.,Tp prestasi trtinggiku wktu SD adalah mndpat rangking 18,.HOmbreeeng ak bnr2 sneng wktu itu,.ak rangking 18,.itu pncapaian tertinggiku slama karirku di Real Madrid maksutku waktu SD,.”Lumayan jg lu,.emang wktu SD itu berapa jmlah muridnya?”,.27,.GUBRRAAAAAK!!!.

6 thun ak beranjak ABG (Anak Bodoh nGgaya),.Ak mljutkan ke SMP(waktu itu namanya SLTP=Sekolah Lanjutan Tempat Pecundang,.Bukan Lah!!SLTP tau ndiri artinya kan??),.Aku di SLTP negeri 4 Jogja,.Nilai Ebtanas(nama seblum UAN) ku yg pas2an bs menghantarkan ke sekolah negeri di Kota,.Lumayanlah,.Tp nilai akademiknya??HUaaaa,..mungkin gr2 aku sdah mlai brpikir ak mrasa “Aku tu bner2 bodoh ya”,.Kelas 1 ak rangking 29,.selama tiga caturwulan rangkingku ga brtambah,.Tp ak mrasa “Haha,.tak apa,.kegagalan adalah kunci keberhasilan kelak”,.Kelas 2 aku rangking 31,.JROOOT(serasa ditusuk tombak dari belakang),.kok tmbah goblok,.Aku lupa2 ingat,.cm ingat kalo ga rangking 31 rangking 34,.Itu prestasi terburukku sepanjang karirku,.”Aku ttp bertekad,.beljar dr kegagalan,.ak pasti bs lebih baik dri ini”,.
Alhasil kelas 3,.dimana aku dah bener2 merasa ABG(Anak Bener2 Goblok),.mkstnya ‘anak baru gede’ dimana aku dah tau ttg lawan jenis,.dah tau ttg salah dan bener walopun yg salah tak anggep bener,.Rangking??Oiya,.aku lupa rangking berapa,.tp rangking terbaikku waktu SLTP yaitu kelas 3 adalah 18,.YEEEEES,.aku rangking 18,.rangking terbaikku selama aku memperkuat AC Milan mksutku SLTP.,Sekali lg,.ayoo teriak HOmmbereeeng,.Bntar2..kmbali ke pertanyaan yg sama,.Ehem,.”emang waktu SLTP berapa jmlah muridnya?”,.40,.”Wueee,.yg ni bner2 lumayan coy,.km lolos dari jurang degradasi yg diisi para murid2 yg slalu dianggap bodoh”,.Makasih,.aku jd malu krn senang bukan kepayang,.”Tp,.tp,.kelas 3 SLTP kan km ikut les di sekolah dan bimbingan di tempat les terkenal,.Nah,trs berapa nilai Ebtanasmu?”,.36,xx,. GUBRAAAAAK!!,.Ak ga tau hrs gimana lg,.!!

Akirnya ak SMU skolah di negeri tp bukan di kota,.Tepatnya di SMUN 1 Banguntapan Bantul,.nama kerennya B-ZAT,.(banguntapan satu),.ada nama lebih keren lg yaitu ‘DEKUBA’,.Wuih keren kaya nama band,.apa artinya? ‘Depan Kuburan Banguntapan’,.Oh God!!,.nm itu diambil krn sblah sekolahku adalah kuburan,.Ak satu SMU dan satu kelas dgn makluk yg skrng masih saja mengganggu hidupku ’Yoppi’,. Yoppi adlh saksi hidup ttg kisah hidupku di SMU (begitu sebaliknya),.Kita tau SD ku waktu itu SD favorit di Sleman,.SLTP ga favorit tp negeri di Kota,.SMU,.astga meski ak tahan akan cercaan dan hinaan mau ga mau ak skloah di negeri tp Bantul,.Tp justru krn aku skloah di situ ak jd mendominasi ttg nilai plajaran,.ENtah knp aku ga pernah keluar dari 5 besar,.jd wktu itu ak sudah dianggap/diakui/diakreditasi/dicap ‘pinter’,.Kok bisa??ga tau,.yg aku tau sainganku waktu SMU adalah salah satu pemain Cappiozo tim Futsal yaitu ‘Kucing/Angga’,.Aku dan dia adalah rival saat SMU ttg pelajaran,.kita sama2 tau kemampuan masing2,.La Yoppi??Ga masuk hitungan ,.hehe,.tp ak salut,.dia rangking tengah2,.tp semakin hari kemampuannya naik dan bisa mncapai ranhking 10 besar,.

Jdinya ak sering dimintai tolong sperti “ajarin dong ttg pljaran td?”,”Eh,.aku duduk disblahmu ya biar bs diajarin?”,”Wooe,.ngantri aku dulu yg mau diajarin,.silahkan ambil nmor antrian ‘ajarin dong’ dan antri dgn tenang”,”Syg.,kok km pinter sih,.mbok aku ditularin pinternya,.aku mau kok nglakuin apa aja asal aku diajarin.,ya,.ya,.ayo dong,.”,.Sial,.aku ngelamun,.pertnyaan trakhir cm imajinasiku doang tp ada yg mirip2 sperti itu,.

Yah di SMU itulah aku telah mendewasakan otakku yg dulu kaya ‘ager-ager’ skrg kaya ‘lampu pijar’,.Tp itu baru awal kcerdasan yg terlambat dimulai(Dikutip kata2 Dosenku Pak Tony, 2006),.So kemungkinan stelah SMu ini kemampuan berpikirku naik,.Meski aku gagal masuk UGM dan STAN,.tp ak tetap bs berbicara banyak di salah satu Universitas Swasta terbaik Jogja yaitu UPN,.Wakil dari darah pemuda Jogja,.ak tetp bisa bersaing dgn orang Madiun,.Klaten,.Medan,.Papua,.fak-fak,.Pakistan tp wajah Cilacap,. dll,.Mengenai nilaiku dikuliah skrg ni ya sykur ak bisa mencapai hasil maksimal dari semua laga yg sudah aku jalani,.”IPK-nya berapa??”,”Sori,.ak kasih taunya kalo dah lulus ajah ya,.”.END!

Epilog:
Gimana critanya,.”AK terharu dgn perjuanganmu,Kereen,.bs jd inspirasiku”,.Haha makasih,.itulah critaku yg bener2 riil trjadi pdku,.”Ak salut ttg kisahmu us,.tp masih ada 1 yg mengganjal,.dari TK->SD->SMP kan km ‘bodoh’(Makasih=ucapan yg ga ikhlas),bhkan sejak dilahirkan udah keliatan bodoh (Makasih=sekali lagi kepalamu tak ledakin) tp setelah mulai SMu kok km bs jd sepintar itu sih(Makasih=Tulus,Iklas),.km bs cerdas bhkan membuat kuliahmu mencapai nilai yg sangat memuaskan dahaga,.Tp ap yg membuatmu bisa pinter dan mendapat niali bagus sejak SMU,.ga mungkin dong tiba2 jd pinter,.itu gimana?”,.

Oh itu,.”itu krna kekuatan pikiran bisa mengalahkan segalanya,.tetapkan pusatkan pikiran anda dan tetap fokus,.maka masa depan anda akan cerah,.ketik BAGUS 1234 kirim ke rumah eyang,.”.,Wah ak kurang tau knp,.yg psti pengalaman dari TK sampe aku mencapai nilai yg memuaskan,.itu bner2 didapat dr perjuangan,.akhirnya Allah menganugrahi kemampuanku hingga skarang ini,.kemngkinan lain adalah krn faktor keturunan,.Ak lahir di tengah2 keluarga yg berintelektual trutama kakak2ku,.mereka bukan manusia,.mereka monster,.dan mereka saat ni telah mencapai puncak karirnya dan kecerdasaanya melebihi aku,.tp aku ttp slalu mengejarnya,.Dan faktor yg sngat menentukan adalah karna ‘Motivasiku’ yg membuat Allah memberikan ‘gift’ pdaku shingga ak bs menemukan potensiku smpe skrng.,So terjawabkan ttg pertanyaan seperti judul di atas,.Itu sudah!

NB:
“Bentar,.bentar,. pertnyaan trakhir” ,.Iya silahkan,. ”Ad ga yg bener2 membuatmu mrasa ‘Bodoh’?”,Ada,.”Kalo bleh tau apa itu?”,.tentang cinta,.”Wah,.knp?”,.Soalnya ga ad pelajaran/mata kuliahnya sih,.Ini maslah perasaan dan hati,.dan ak masih sgt bodoh,.smpe aku diajarin sm sesorang ttg cinta itu,..Hehe.”La trs,.skarang gimana?”,.Haha,.aku masih belajar ttg itu,.Udah,.cukup wawancaranya ya,.”OK,.!!Waah To twiit”.,Skali lg ngmong gitu tak ledakin kapalamu,.!!,.”be Nice..!”.

1 komentar:

yahya12 mengatakan...

narsis abis.... emang dasar elu!
TOP banget ceritanya, tp ngak bisa jadi inspirasi soalnya ceritanya ngalawak mulu sih....

Posting Komentar